Senin, 25 September 2017

Sistem Informasi Petanian

Sistem Informasi di Bidang Pertanian 
Berbasis Web dan Aplikasi Smartphone

Ayu Tri Murti
1425010005
Agroteknologi

Sistem Informasi (SI)  adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi.
Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.
Sekarang ini banyak sekali informasi mengenai pertanian. Kita bisa mengakses dari mana saja, mulai dari situs web dari internet hingga adanya aplikasi di telepon genggam. Karena semakin majunya teknologi yang disajikan semakin banyak juga informasi yang kita butuh kan semakin melimpah. 

Sistem Informasi Pertanian berbasis Web


Simforta adalah salah satu situs web lembaga di bidang pertanian yang didalamnya tersedia banyak kategori di bidang pertanian seperti lahan dan musim tanam, budidaya, pupuk, dsb. Situs ini dapat diakses dengan mudah oleh pengguna (petani) yang ingin mencari informasi yang dibutuhkan. Selain Simforta ada juga situs web dari Kementrian Pertanian yang dapat mengakses informasi terkini mengenai bidang pertanian. 


Sistem Informasi Pertanian Berbasis Web menggunakan PHP MySQL

Aplikasi website pertanian berbasis web dibuat dengan menggunakan bahasa pemrogram PHP dan MySQL ini merupakan sistem yang memberikan informasi tentang pendataan hasil pertanian. Pada sistem informasi anda dapat melihat daerah mana saja yang kondisi hasil pertanian bagus, kurang dan sedang dengan hasil statistik grafik.


Sistem Informasi Pertanian berbasis smartphone

Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengembangkan aplikasi informasi pertanian modern berbasis smartphone atau telepon pintar. Aplikasi yang diberi nama "TANAM" (Teknologi Pertanian Modern) tersebut secara resmi diluncurkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.


 Aplikasi TANAM menyediakan informasi dari "hulu" hingga "hilir" yang meliputi sentra produksi, kesesuaian lahan, kesesuaian varietas dan sarana produksi pertanian berupa informasi penyedia benih, pupuk dan alat mesin pertanian. Selain itu aplikasi tersebut juga menyediakan media konsultasi online antara petani, penyuluh, peneliti dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan aplikasi ini, petani juga akan mengetahui keahlian penyuluh, peneliti, dosen dan staf dinas yang online.

http://www.antaranews.com/berita/602985/kementan-kembangkan-sistem-informasi-pertanian-berbasis-smartphone (diakses pada tanggal 23 September 2017)
http://suckittrees.com/artikel-458/sistem-informasi-pertanian-berbasis-web-menggunakan-php-mysql.html (diakses pada tanggal 23 September 2017)

Link:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar