Senin, 09 Oktober 2017

Manfaat Sosial Media dan Perangkat untuk Pengembangan Pertanian di Indonesia.

Manfaat Sosial Medi bagi Petani untuk Pembangunan Pertanian di Indonesia.

ayu tri murti 
1425010005
agroteknologi

Pada era modern seperti sekarang ini, manusia dituntut maju seiring dengan teknologi yang semakin berkembang didalam semua bidang. Termasuk dalam bidang pertanian yang juga mengikuti adanya perkembangan teknologi. Tak hanya teknologi pesat namun juga adanya media sosial.



Sebagai media baru dalam berkomunikasi, media sosial merupakan  sarana komunikasi yang memanfaatkan internet dan handphone yang ditopang oleh aplikasi atau software. Beberapa media sosial yang populer dan banyak digunakan antara lain : facebook, WhatsApp, Instagram, Path, Twitter.


Adanya media sosial merupakan salah satu cara efektif bagi para petani yakni dengan cara komunikasi. Sebagai contoh : adanya media komunikasi seperti WhatsApp yang digunkan untuk berkomunikasi. Saya pernah menjumpai pada saat saya magang di kebun belimbing Tasikmadu Tuban. Pemilik kebun sering berinteraksi dengan petani dari komoditas lainnya. Banyak hal yang dilakukan di grub tersebut seperti jika lahan mereka terserang hama atau penyakit, petani dapat menginfokan dan memfoto tanaman yang terserang. Biasanya para ahli dibidangnya akan menginformasikan kepada petani. Lebih banyak petani berbicara tentang pengendalian hama penyakit, hasil produksi, pupuk dll. Dalam grub WhatsApp tersebut juga terdapat ahli-ahli didalam bidang pertanian. Sehingga memudahkan petani untuk mendapatkan informasi lebih dari para ahli terhadap lahan mereka.

Adanya ahli-ahli di bidang pertanian yang bergabung atau berinteraksi dengan petani lewat media sosial ini bisa menghilangkan salah tafsir, memperjelas informasi, lebih menarik perhatian, meningkatkan minat dan motivasi. Dan para petani dapat bertukar pikiran dengan ptani satu dengan yang lainnya, dari berbagai wilayah di Jawa Timur bahkan se-Indonesia.


Tak hanya media komukasi WhatsApp yang digunakan. Namun, adajuga aplikasi yang diperuntukkan pada petani seperti apikasi TANAM sebagai teknologi pertanian modern. Aplikasi ini dapat di download di Playstore, sayangnya aplikasi ini masih beberapa komoditas saja seperti Padi dan Jagung. Di aplikasi ini juga tersedia kesesuaian lahan, budidaya, pengendalian hama penyakit, sentra produksi dll.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar